√ Cara Screenshot HP Samsung Galaxy A80

Apakah kamu tahu cara screenshot Samsung Galaxy A80 tanpa memakai tombol? Kamu dapat memakai fitur gesture ataupun palm swipe lhoo. Akan tetapi, jika kamu sudah terbiasa dengan cara manual atau penggunaan tombol fisik, maka comic-art-books akan menyediakan tutorial lengkapnya untuk teman-teman kok.

Samsung Galaxy A80 adalah salah satu ponsel pintar yang masuk dalam jajaran keluarga Seri A yang akan bertarung di level high-end. Smartphone ini dibanderol dengan harga sekitar 9 jutaan.

Berbicara tentang spesifikasi, Samsung Galaxy A80 memakai prosesor octa-core yang ditenagai dengan chipset Snapdragon 730 yang telah dikombinasikan dengan RAM 8GB dan juga GPU Adreno 618 untuk bagian grafisnya.

Yang menjadi kekurangan dari smartphone ini adalah ketidakhadirannya untuk slot microSD. Akan tetapi, kapasitas penyimpanan internal smartphone ini sangat besar, sekitar 128GB.

Sebagai smartphone dengan kualitas super, sudah pasti Galaxy A80 telah didukung dengan fitur Fingerprint under Display. Fitur ini sangat memudahkan bagi para pengguna ketika membuka kunci HP dengan sensor fingerprint yang ada pada layar smartphone.

Setelah kita membahas sekilas tentang smartphone ini dari segi hardware, bagaimana jika kita membahas tentang fitur yang ada pada HP canggih ini? Galaxy A80 memiliki beragam fitur yang sangat mengesankan, salah satunya adalah fitur screenshot yang memang pada dasarnya sangat dibutuhkan di zaman ini.

Daripada berlama-lama, bagaimana jika kita langsung ke topik utama tentang bagaimana cara screenshot Samsung Galaxy A80.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A80 Tanpa Tombol


Seperti janji diawal yang telah kita bahas, comic-art-books.blogspot.com akan memberikan sebuah tutorial tentang bagaimana sih cara melakukan screenshot pada Samsung Galaxy A80 ini. Untuk tutorial pertama yang akan kita bahas adalah screenshot tanpa penggunaan tombol fisik. Adapun tutorial yang akan kita bahas terbagi menjadi 2 bagian, yakni:

Screenshot dengan Fitur Palm Swipe


  1. Pertama buka menu setting pada HP kamu.
  2. Setelah itu lakukan gulir layar dan pilih Advanced Feature.
  3. Kamu hanya perlu memilih Motion and Gesture.
  4. Setelah itu aktifkan Palm Swipe to Capture.
  5. Setelah kamu mengaktifkan fitur tersebut, kamu hanya perlu mencari area yang akan di screenshot.
  6. Setelah itu lakukan swipe dengan telapak tangan.
  7. Hasil screenshot dapat kamu cek melalui aplikasi Gallery atau menu notifikasi.


Screenshot dengan Google Assistant


  1. Hal yang pertama kamu lakukan adalah memilih area yang akan di screenshot.
  2. Setelah itu tekan tombol Home dalam waktu beberapa detik hingga muncul sebuah notifikasi Google Assistant.
  3. Setelah itu ucapakan kata "Take Screenshot" dengan pelafalan yang jelas.
  4. Secara otomatis, google Assistant akan mengambil sebuah gambar screenshot dan langsung menyimpannya pada aplikasi Gallery kamu.
Nah, setelah kita membahas lengkap tentang tutorial penggunaan screenshot tanpa menggunakan tombol fisik dari Galayx A80, kurang afdol jika kita tidak membahas tutorial screenshot dengan tombol fisik yang dimiliki smartphone canggih ini. Berikut cara screenshot dengan kombinasi tombol fisik yang sangat mudah dan simple dilakukan.

Screenshot dengan Tombol Fisik


  1. Kamu hanya perlu memilih area yang akan di screenshot.
  2. Setelah itu tekan tombol volume bawah dan Power secara bersamaan dalam waktu beberapa detik.
  3. Jika kamu mendengar suara shutter dan layar berkedip, maka kegiatan screenshot kamu telah berhasil dilakukan.
  4. Hasil dari screenshot dapat kamu lihat pada aplikasi Gallery bawaah smartphone.

Semoga informasi tentang bagaimana cara screenshot Samsung A80 dari kami dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Sumber artikel: Berjuang.my.id