√ Cara Screenshot HP Samsung Galaxy A30

Inilah rangkuman artikel tentang cara screenshot Samsung Galaxy A30 yang sangat mudah dan cepat. Kita bisa melakukan screenshot tanpa menggunakan tombol fisik, yakni dengan fitur gesture atau palm swipe. Jika kamu sangat terbiasa dengan fitur manual, comic-art-books.blogspot.com juga menyediakkan rangkumannya untuk kamu.

Samsung Galaxy A30 adalah produk Samsung terbaru yang baru saja rilis pada bulan Maret 2019. Dijual dengan harga sekitar 2 jutaan, smartphone canggih ini memiliki peminat yang cukup besar, terutama pada kalangan orang tua.

Samsung Galaxy A30 mempunyai spesifikasi yang sangat mumpuni untuk kelasnya. Diberkati dengan prosesor octa-core dan juga chipset Eyxnos 7904 yang telah dikombinasikan dengan RAM 4GB. Untuk pengolah grafiknya, smartphone ini telah ditenagai dengan GPU Mali-G71Mp2.

Untuk data penyimpanan internat, Samsung Galaxy A30 telah dibekali dengan kapasitas memori sebesar 64GB dan kamu juga bisa menambahkan microSD dengan upgrade hingga 512GB.

Samsung Galaxy A30 telah dibekali dengan dual kamera utama yang mana masing-masing kamera memiliki resolusi sebesar 16MP dan 5MP ultra wide. Tidak hanya sebatas kamera utama yang sangat mumpuni, Samsung Galaxy A30 juga dibekali kamera depan yang memiliki resolusi sebesar 16MP yang sangat pas digunakan untuk selfie.

Kita beralih untuk bagian layar, Samsung Galaxy A30 mempunyai ukuran layar yang sama dengan Samsung A20, yakni 6,4 inci. Untuk bagian panel, smartphone keren ini telah didukung dengan panel super AMOLED yang memiliki resolusi FHD+.

Samsung Galaxy A30 juga mempunyai kapasitas baterai yang sangat besar, yakni 4000 mAh. Selain daya tahan baterai yang besar, ternyata Samsung Galaxy A30 telah dilengkapi dengan fast charging 15W plus USB Type-C 1.0 connector.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A30 


Seperti janji diawal yang telah kita bahas, comic-art-books.blogspot.com akan memberikan sebuah tutorial tentang bagaimana sih cara screenshot Samsung A30 ini. Untuk tutorial pertama yang akan kita bahas adalah screenshot tanpa penggunaan tombol fisik. Adapun tutorial yang akan kita bahas terbagi menjadi 2 bagian, yakni:

Screenshot dengan Fitur Palm Swipe



  1. Pertama buka menu setting pada HP kamu.
  2. Setelah itu lakukan gulir layar dan pilih Advanced Feature.
  3. Kamu hanya perlu memilih Motion and Gesture.
  4. Setelah itu aktifkan Palm Swipe to Capture.
  5. Setelah kamu mengaktifkan fitur tersebut, kamu hanya perlu mencari area yang akan di screenshot.
  6. Setelah itu lakukan swipe dengan telapak tangan.
  7. Hasil screenshot dapat kamu cek melalui aplikasi Gallery atau menu notifikasi.


Screenshot dengan Tombol Fisik



  1. Kamu hanya perlu memilih area yang akan di screenshot.
  2. Setelah itu tekan tombol volume bawah dan Power secara bersamaan dalam waktu beberapa detik.
  3. Jika kamu mendengar suara shutter dan layar berkedip, maka kegiatan screenshot kamu telah berhasil dilakukan.
  4. Hasil dari screenshot dapat kamu lihat pada aplikasi Gallery bawaah smartphone.

Semoga informasi tentang bagaimana cara screenshot Samsung A30 dari kami dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Sampai jumpa di artikel berikutnya.